Wednesday, July 25, 2012

Tips Mencegah Kerontokan Rambut

perawatan rambut sehat
Dari banyak kerusakan rambut dapat disebabkan karena masalah ketombe, perawatan rambut yang tidak tepat, terpapar sinar matahari langsung untuk waktu yang lama dan banyak alasan lain dengan mudah dapat dikutip jika benar-benar mau untuk memikirkan hal itu.

Pewarnaan rambut akan membutuhkan biaya banyak dan pasti akan melubangi saku dan dompet anda. Meskipun demikian, untuk memenuhi keinginan tersebut, ada berbagai produk pewarna alami dan herbal rambut, yang pasti tidak akan menimbulkan kerusakan pada rambut.

Sesuaikan gaya rambut dengan struktur dan bentuk wajah yang pastinya tidak mengurangi rasa percaya diri.

Dibawah ini adalah beberapa tips untuk perawatan rambut yang patut dicoba:

  1. Menyisir rambut secara teratur sebelum tidur malam sehingga akan mengurangi tananan rambut yang berantakan saat bangun tidur di pagi hari.
  2. Selalu menggunakan sampo ringan saat mencuci rambut dengan kuantitas yang harus sangat sedikit tetapi cukup memadai untuk menutupi rambut sepenuhnya dengan busa. Jangan lupa untuk menggunakan kondisioner untuk menjaga rambut tetap lembut dan sehat.
  3. Jangan pernah menggosok rambut (mengeringkan rambut dengan handuk) ketika masih basah karena hanya akan menyebabkan peregangan dan kerontokan rambut. Gunakan jari untuk mengeringkan rambut atau dapat menggunakan sisir bergigi jarang yang sekaligus akan merapikan simpul (bundel) rambut secara lembut.
  4. Batasi penggunaan hair dryer ketika mengeringkan rambut karena proses tersebut merupakan pukulan keras pada rambut dan merampas kelembaban. Alirkan udara dari pengering rambut ke bawah batang rambut dan tidak langsung mengenai akar dan harus tetap menggerak-gerakkan mesin pengering rambut.
  5. Jangan pernah menggunakan pewarna rambut, tapi gunakan mehandi (pacar) sebagai kondisioner yang sekaligus akan mewarnai juga.
  6. Potong bagian ujung rambut setidaknya sekali dalam waktu 7 minggu untuk menghindari ujung bercabang.
  7. Jangan menggunakan karet gelang untuk mengikat rambut karena dapat menarik cukup keras dan merusak rambut.
  8. Gunakan penutup kepala ketika berada di bawah terik sinar matahari.
  9. Merangsang sirkulasi dengan memijat kepala menggunakan minyak yang mengandung vitamin E sehingga akan membuat rambut lembut dan halus.
  10. Jangan mencuci rambut dengan air yang terlalu panas atau terlalu dingin.
  11. Belajarlah untuk rileks. Rambut rontok bisa terjadi karena stres. Mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin B, C dan E.
  12. Tambahkan zat besi dan mineral yang cukup jika sedang diet.
  13. Jika rambut berminyak, kurangi mengkonsumsi makanan yang digoreng dan berlemak, dan minum banyak air.
Setiap orang pasti ingin menghindari bencana dari sebelumnya dengan mengambil tindakan pencegahan yang tepat.

Entri populer 7 hari